S1 Pendidikan Dokter
Visi Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya adalah Menjadi Program Studi yang terkemuka, unggul di tingkat nasional dan internasional, profesional dalam ilmu kedokteran terutama kedokteran pencegahan, berjiwa wirausaha serta berkarakter islami
Misi Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya adalah
- Menumbuh-kembangkan budaya Ahlus Sunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah dalam kegiatan akademik dan kehidupan bermasyarakat
- Menghasilkan dokter yang unggul dalam ilmu pengetahuan, profesional dalam ilmu kedokteran terutama kedokteran pencegahan, berjiwa wirausaha serta berkarakter islami
- Mengembangkan penelitian di bidang Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kedokteran Klinik, dan Kedokteran Komunitas di lingkungan pesantren dan masyarakat secara umum
- Menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Dokter yang terkemuka dan unggul dengan menerapkan sistem manajemen yang profesional
Baik Sekali
Sesuai dengan Surat Keputusan LAMPTKes Nomor 0709/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2021 Tahun 2021 Program Studi S1 Pendidikan Dokter mendapatkan akreditasi.
~ Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKES)
Struktur Kurikulum FK UNUSA
Semester | Mata Kuliah | K | P | T | SKS |
---|---|---|---|---|---|
1 | Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan | 2 | 0 | 0 | 2 |
Bahasa Indonesia | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Pendidikan Agama Islam | 2 | 1 | 0 | 3 | |
Biologi Kedokteran dan Biomolekuler | 2 | 1 | 0 | 3 | |
Anatomi Kedokteran | 3 | 1 | 0 | 4 | |
Modul Integratif Dasar | 0 | 0 | 1 | 1 | |
Keterampilan Klinis I | 0 | 2 | 0 | 2 | |
Kedokteran Islam | 1 | 0 | 0 | 1 | |
Total SKS | 18 | ||||
2 | Manajemen Data | 2 | 0 | 0 | 2 |
Histologi Kedokteran | 2 | 1 | 0 | 3 | |
Fisiologi Kedokteran | 3 | 1 | 0 | 4 | |
Biokimia Kedokteran | 2,5 | 0,5 | 0 | 3 | |
Epidemiologi dan Kesehatan Lingkungan | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Integratif Struktur dan Fungsi Normal | 0 | 0 | 1 | 1 | |
Keterampilan Klinis II | 0 | 2 | 0 | 2 | |
Aswaja dan Kepesantrenan | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Pemberdayaan Kesehatan Pesantren I | 0 | 1 | 0 | 1 | |
Total SKS | 20 | ||||
3 | Filsafat Ilmu | 2 | 0 | 0 | 2 |
Bahasa Inggris | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Etika dan Hukum Kedokteran | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Mikrobiologi Kedokteran | 2 | 1 | 0 | 3 | |
Parasitologi Kedokteran | 2 | 1 | 0 | 3 | |
Integratif Struktur dan Fungsi Abnormal | 0 | 0 | 2 | 2 | |
Keterampilan Klinis III | 0 | 2 | 0 | 2 | |
Kewirausahaan Sosial | 1 | 1 | 0 | 2 | |
Fiqih Medis | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Total SKS | 20 | ||||
4 | Metodologi Penelitian | 3 | 0 | 0 | 3 |
Patologi Anatomi | 2 | 1 | 0 | 3 | |
Patologi Klinik | 2 | 1 | 0 | 3 | |
Farmakologi Kedokteran | 3 | 1 | 0 | 4 | |
Biostatistik dan Kependudukan | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Integratif Patologi | 0 | 0 | 2 | 2 | |
Keterampilan Klinis IV | 0 | 2 | 0 | 2 | |
Pemberdayaan Kesehatan Pesantren II | 0 | 1 | 0 | 1 | |
Total SKS | 20 | ||||
5 | Ilmu Penyakit Dalam | 2 | 0 | 0 | 2 |
Ilmu Kesehatan Anak | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Ilmu Kedokteran Mata | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Ilmu Neurologi | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Keterampilan Klinis V | 0 | 2 | 0 | 2 | |
Integratif Klinis I | 0 | 0 | 2 | 2 | |
Ilmu Kesehatan Telinga, Hidung dan Tenggorokan | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Kedokteran Tropis | 3 | 0 | 0 | 3 | |
Informatika Biomedik / Obat Tradisional | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Total SKS | 21 | ||||
6 | Ilmu Bedah | 2 | 0 | 0 | 2 |
Ilmu Obstetri dan Ginekologi | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Ilmu Anestesiologi dan Reanimasi | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Ilmu Radiologi | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Ilmu Kesehatan Jiwa | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Ilmu Forensik Dan Medikolegal | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Integratif Klinis II | 0 | 0 | 2 | 2 | |
Keterampilan Klinis VI | 0 | 2 | 0 | 2 | |
Pemberdayaan Kesehatan Pesantren III | 0 | 1 | 0 | 1 | |
Agama Terapan | 1 | 1 | 0 | 2 | |
Kuliah Kerja Nyata | 0 | 2 | 0 | 2 | |
Total SKS | 21 | ||||
7 | Skripsi | 3 | 0 | 0 | 3 |
Sistem Hematologi dan Imunologi | 1,5 | 0,5 | 0 | 2 | |
Sistem Kardiovaskuler dan Respirasi | 1,5 | 0,5 | 0 | 2 | |
Sistem Ginjal dan Saluran Kemih | 1,5 | 0,5 | 0 | 2 | |
Sistem Gastrointestinal, Hepatobilier dan Pankreas | 1,5 | 0,5 | 0 | 2 | |
Sistem Neuropsikiatri | 1,5 | 0,5 | 0 | 2 | |
Integratif Sistem Organ I | 0 | 0 | 2 | 2 | |
Keterampilan Klinis VII | 0 | 2 | 0 | 2 | |
Gizi Kedokteran | 1 | 1 | 0 | 2 | |
Profesionalitas Dokter Islami | 0 | 1 | 0 | 1 | |
Total SKS | 20 | ||||
8 | Sistem Muskuloskeletal dan Integumen | 1,5 | 0,5 | 0 | 2 |
Sistem Indera | 1,5 | 0,5 | 0 | 2 | |
Sistem Endokrin, Metabolisme dan Nutrisi | 1,5 | 0,5 | 0 | 2 | |
Sistem Reproduksi | 1,5 | 0,5 | 0 | 2 | |
Ilmu Farmasi Kedokteran | 1 | 0 | 0 | 1 | |
Ilmu Kedokteran Fisik & Rehabilitasi Medis | 2 | 0 | 0 | 2 | |
Ilmu Kedokteran Komunitas, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan | 2 | 1 | 0 | 3 | |
Integratif Sistem Organ II | 0 | 0 | 2 | 2 | |
Keterampilan Klinis VIII | 0 | 2 | 0 | 2 | |
Manajemen Bencana / Manajemen Poskestren | 2 | 0 | 0 | 2 |