” UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAMPUNG SIAGA KUSTA : DUSUN SUMBERGLAGAH, KABUPATEN MOJOKERTO “

– Dr. Handayani, dr., M.Kes ( Dekan Fakultas Kedokteran UNUSA )
– Dr. dr. Wiwik Winarningsih, M. Kes. ( Dosen Fakultas Kedokteran UNUSA )

Kampung Siaga Kusta, program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) yaitu Dr. dr. Handayani, M. Kes. dan Dr. dr. Wiwik Winarningsih, M.Kes, Bersama dosen dari program studi Teknologi Pangan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yaitu bapak Azmi Alvian Gabriel, S. TP., M. P., MPM., MQM. Kegiatan ini juga melibatkan 15 mahasiswa FK UNUSA dengan rekognisi mata kuliah Obat Tradisional dan Kewirausahaan masing masing 2 SKS.
Kegiatan ini mendapatkan pendanaan hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun 2023. Program ini dilaksanakan bekerjasama dengan salah satu dosen dari program studi Teknologi Pangan UISI (Universitas Internasional Semen Indonesia) dan juga dibantu oleh rumah sakit yaitu RSK (Rumah Sakit Kusta) Sumberglagah.
Pemberdayaan kemitraan masyarakat yang dilakukan dengan beberapa kegiatan yaitu : penyuluhan tentang penyakit kusta pada anak SD, lomba menulis karangan bebas dari siswa SD, penyuluhan PHBS dan sharing pengalaman pada penderita Kusta, pelatihan kader SIAGA KUSTA untuk pembuatan makanan yang tinggi protein dari bahan lokal ikan lele, pembuatan minuman herbal untuk meningkatkan imunitas, serta melakukan pembentukan Posko SIAGA KUSTA dan pembentukan kader siaga kusta.

Info Lebih Lengkap Buka Website Resmi Unusa https://fk.unusa.ac.id/

FAKULTAS KEDOKTERAN UNUSA MENYIAPKAN GENERASI RAHMATAN LIL’ALAMIN
___
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru :
Website PMB: pmb.unusa.ac.id
WhatsApp: 0811350777/08113139999
___
Alamat Kampus :
Kampus A: Jl. Smea No.57, Wonokromo, Surabaya.
Kampus B: Jl. Raya Jemursari No.51-57, Jemur Wonosari, Surabaya.
___
Social Media kami :
◼️Instagram : https://www.instagram.com/fk_unusa/ | @fk_unusa
◼️Facebook : https://www.facebook.com/FakultasKedokteranUnusa | @Fakultas Kedokteran Unusa
◼️Tik Tok : tiktok.com/@fkunusa | @fkunusa
◼️Website : fk.unusa.ac.id

@unusa_official
@bemfkunusa