” JANTUNG KORONER, TIDAK HANYA MENYERANG LANSIA NAMUN ANCAMAN BAGI GENERASI MUDA “

Abraham Ahmad Ali, Sp.JP – Dosen Fakultas Kedokteran

Tahukah Anda jika penyakit jantung koroner menempati urutan pertama sebagai salah satu penyakit kardiovaskuler di Indonesia?

Hal ini terbukti dengan adanya data dari Badan Statistik Dunia yang menyatakan bahwa 9,4 juta kematian setiap tahun yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler dan 45% kematian tersebut disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Angka tersebut akan terus meningkat hingga 23,3 juta pada tahun 2030.

Banyak Masyarakat yang beranggapan bahwa penyakit jantung koroner ini banyak terjadi pada usia lanjut. Namun nyata nya hal ini bisa juga terjadi pada generasi muda. Mengingat banyak generasi muda yang menjalani pola hidup yang tidak sehat serta kurangnya aktivitas fisik. Dalam artikel ini akan dibahas mengapa generasi muda juga beresiko mengalami jantung koroner dan apa saja pencegahan yang bisa dilakukan.

Sebelum melakukan pencegahannya kita harus tau penjelasan terkait penyakit ini. Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyempitan dinding arteri koronaria karena pembentukan lemak yang mengakibatkan menurunnya aliran darah pada pembuluh darah. Kondisi ini berdampak pada menurunnya kebutuhan oksigen otot jantung sehingga menyebabkan penurunan fungsi otot jantung dan kerusakan sel otot jantung.

Info Lebih Lengkap Buka Website Resmi Unusa https://fk.unusa.ac.id/

FAKULTAS KEDOKTERAN UNUSA MENYIAPKAN GENERASI RAHMATAN LIL’ALAMIN
___
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru :
Website PMB: pmb.unusa.ac.id
WhatsApp: 0811350777/08113139999
___
Alamat Kampus :
Kampus A: Jl. Smea No.57, Wonokromo, Surabaya.
Kampus B: Jl. Raya Jemursari No.51-57, Jemur Wonosari, Surabaya.
___
Social Media kami :
◼️Instagram : https://www.instagram.com/fk_unusa/ | @fk_unusa
◼️Facebook : https://www.facebook.com/FakultasKedokteranUnusa | @Fakultas Kedokteran Unusa
◼️Tik Tok : tiktok.com/@fkunusa | @fkunusa
◼️Website : fk.unusa.ac.id

@unusa_official
@bemfkunusa