” PROGRAM BRAIN BOOSTER PADA JANIN SEBAGAI UPAYA MELEJITKAN KECERDASAN ANAK DALAM 1000 HPK “

Fariska Zata Amani,Sp.OG.,M.Ked.Klin – Dosen Fakultas Kedokteran (FK)

KEHAMILANmerupakan proses membangun dan membentuk janin sebagai manusia yang berkualitas.Selain penanganan masalah kehamilan dan komplikasi yang menyertai, perlu upaya peningkatan kualitas bayi yang akan dilahirkan. Sebagaimana yang disebutkan dalam Permenkes 2014 mengenai program “Brain Booster”.

Program Brain Booster adalah program peningkatan potensi sumber daya manusia melalui stimulasi potensi otak janin saat ibu hamil dan pemenuhan nutrisi pada periode kehamilan untuk meningkatkan intelegensia/kecerdasan janin. Program ini juga merupakan upaya ibu hamil sebagai optimalisasi kecerdasan janin dan pencegahan stunting dalam 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan).

Brain booster meliputi stimulasi otak janin, baik berupa berkomunikasi dengan janin dan musik/murottal, serta asupan gizi seimbang pada ibu hamil. Penelitian Marian Diamond terhadap otak ilmuwan Albert Einstein menunjukkan bahwa jumlah sel glia otak Einstein 75% lebih banyak dibanding manusia biasa.

Otak sangat plastis dan bisa berubah sesuai rangsangan yang diterima. Otak membutuhkan stimulasi dari luar untuk tumbuh dan berkembang, semakin baik lingkungannya semakin berkembang otaknya.

Info Lebih Lengkap Buka Website Resmi Unusa

_FAKULTAS KEDOKTERAN UNUSA MENYIAPKAN GENERASI RAHMATAN LIL’ALAMIN_
_____
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru :
Website PMB: pmb.unusa.ac.id
WhatsApp: 0811350777/08113139999
_____
Alamat Kampus :
Kampus A: Jl. Smea No.57, Wonokromo, Surabaya.
Kampus B: Jl. Raya Jemursari No.51-57, Jemur Wonosari, Surabaya.
_____
Social Media kami :
◼️Instagram : https://www.instagram.com/fk_unusa/ | @fk_unusa
◼️Facebook : https://www.facebook.com/FakultasKedokteranUnusa | @Fakultas Kedokteran Unusa
◼️Website : fk.unusa.ac.id

@unusa_official @bemfkunusa