” ADA KUSTA DI ANTARA KITA, KENALI AGAR BISA TERATASI “

dr Maria Ulfa, Sp.KK – Dosen Fakultas Kedokteran (FK)

LEPRA atau kusta adalah penyakit infeksi kronis yang masih cukup sering terjadi terutama di negara berkembang. Pada 2020, World Health Organization (WHO) melaporkan 177.175 kasus kusta di seluruh dunia.

Prevalensinya 22,7 tiap satu juta penduduk. Kasus kusta terbanyak disumbang oleh India kemudian diikuti dengan Brazil dan Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri tahan asam yang dinamakan Mycobacterium leprae.

Bakteri ini berkembang dengan perlahan sehingga masa inkubasi penyakit ini bisa bertahun-tahun. Kusta bisa menyerang beberapa organ, terutama saraf dan kulit. Selain itu penyakit kusta juga dikaitkan dengan beberapa morbiditas dan stigma yang berkembang di masyarakat.

Di 2020, di Indonesia terdapat 17.439 kasus. Sebanyak 6.698 (38,41%) merupakan wanita dan 2.009 (11,52%) merupakan kasus pada anak-anak. Provinsi yang memiliki kasus kusta tertinggi pada Pulau Jawa dan Sumatera adalah Provinsi Jawa Timur. Terdapat sembilan daerah yang endemis kusta di Jawa Timur, salah satunya yaitu Kabupaten Tuban.

Adanya kasus baru, terutama pada anak-anak, menunjukkan penularan penyakit kusta yang masih terus berkembang di masyarakat. Salah satu faktor dalam transmisi penyakit ini yaitu faktor imunologi. Adanya gangguan sistem imun yang terjadi pada orang yang tinggal di daerah endemis kusta menyebabkan seseorang lebih rentan untuk sakit kusta.

Info Lebih Lengkap Buka Website Resmi Unusa https://duta.co/ada-kusta-di-antara-kita-kenali-agar-bisa-teratasi

FAKULTAS KEDOKTERAN UNUSA MENYIAPKAN GENERASI RAHMATAN LIL’ALAMIN

@unusa_official @bemfkunusa
IG : @fk_unusa
Fb : @Fakultas Kedokteran Unusa
Website : fk.unusa.ac.id