” FK UNUSA IKUTI PERTEMUAN FORUM DEKAN AFKSI FEBRUARI 2023 “

Standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa rasio dokter yang ideal adalah 1 per 1.000 populasi. Saat ini, jumlah dokter di Indonesia tercatat sekitar 110.000 orang dengan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 270 juta. Idealnya jumlah dokter di Indonesia sebanyak 270.000, yang berarti Indonesia masih kekurangan 160.000 dokter.

Menanggapi keresahan ini, Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI) dalam Forum Dekan AFKSI yang diselenggarakan di Padang, Sumatera barat (Sumbar) menyatakan mendukung program pemerintah dalam memperbanyak jumlah dokter serta dokter spesialis di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Besar AFKSI Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes pada hari Sabtu, 4 Februari, 2023. Beliau menjelaskan bahwa fakultas kedokteran swasta turut berkontribusi besar dalam mencetak dokter-dokter yang berkualitas serta profesional.

Beliau juga mengatakan bahwa salah satu upaya yang akan dilakukan adalah menambah kuota penerimaan mahasiswa baru dengan catatan tetap selektif dan sesuai aturan. Salah satu acuan dari kebijakan adalah Surat keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Menteri kesehatan pada Juli 2022.

Pada SKB dua menteri tersebut perguruan tinggi yang memiliki fakultas kesehatan diminta untuk meningkatkan kuota penerimaan program sarjana kedokteran, program dokter spesialis, dan penambahan program studi dokter spesialis lewat sistem kesehatan akademik (Academic Healt System).

Untuk program studi yang telah terakreditasi Unggul, bisa meningkatkan kuota penerimaan mahasiswa hingga dua puluh persen, sedangkan akreditas Baik Sekali bisa sepuluh persen, sehingga harapannya jumlah dokter dapat terpenuhi. Peningkatan kuota harus dibarengi dengan penyediaan sarana serta prasarana yang dimiliki tiap fakultas dan harus sesuai aturan yang ada.

Forum Dekan Fakultas Kedokteran Swasta yang tergabung dalam AFKSI diselenggarakan selama tiga hari, Jumat-Minggu 3-5 Februari 2023. Universitas Baiturahmah menjadi tuan rumah dalam agenda tersebut. Ada sebanyak 45 dari 52 dekan anggota AFKSI yang hadir dalam forum tersebut, yang pada kesempatan ini mengusung tema Berbagi dan Berkolaborasi.

Rakor kali ini membahas sejumlah isu-isu strategis di bidang kesehatan, salah satunya terkait penambahan program studi kedokteran dan kedokteran spesialis yang sesuai dengan Undang-Undang (UU) RI Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran. Untuk menyiapkan pelayanan kesehatan berbasis praktis dan berbasis kolaboratif praktis.

Pada acara tersebut juga berlangsung acara penandatanganan perjanjian kerja sama secara serentak, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan implementasi tri dharma dari berbagai institusi pendidikan yang tergabung dalam AFKSI.

Info Lebih Lengkap Buka Website Resmi Unusa

FAKULTAS KEDOKTERAN UNUSA MENYIAPKAN GENERASI RAHMATAN LIL’ALAMIN

@unusa_official @bemfkunusa
IG : @fk_unusa
Fb : @Fakultas Kedokteran Unusa
Website : fk.unusa.ac.id