Surabaya-Fakultas Kedokteran (FK) menggelar kegiatan pelatihan dengan tema “Relax and Release with Emotional and Spiritual Fighting”. Acara ini digelar pada tanggal 3 Desember 2022. Dalam acara ini diikuti oleh tenaga kependidikan FK Unusa. Acara pelatihan ini menghadirkan narasumber yaitu Ratih Paramitha Chandra, S.Psi, M.Psi yang merupakan Psikologi Klinis & Asesor Kompetensi. 

Tujuan dari diselenggarakannya acara ini agar tenaga kependidikan di FK UNUSA  dapat melepaskan stres, mendapat penyegaran pikiran serta mendapat penguatan secara emosi dan spiritual masing-masing individu. Hal ini perlu dilakukan karena dalam era global yang semakin modern ini perkembangan ilmu pengetahuan, penelitian dan pendidikan profesi di FK UNUSA sangat pesat sekali maka beban belajar bagi mahasiswa, beban bekerja bagi para dosen dan tenaga kependidikan sangat tinggi untuk menghasilkan produktivitas dan kualitas yang terbaik.

Acara ini dikemas dalam bentuk pelatihan dan praktek langsung dengan menggunakan gambar yang sudah disediakan oleh pemateri, yang mana di setiap gambar memiliki makna tersendiri yang sesuai dengan kondisi kita saat itu. Dalam pelatihan ini peserta diajak jeda atau berhenti sejenak untuk mengenal diri sendiri dan mengapresiasi terhadap diri. Selain itu narasumber mengajak peserta untuk menuliskan harapan dan hal apa saja yang membuat diri optimal. 

Harapan dari terselenggaranya acara ini adalah pertama, tenaga kependidikan dapat mengungkapkan apa yang dirasa/dipendam jika memang betul sedang mempunyai masalah atau kendala, kedua bahwa acara ini diharapkan dapat membantu melepaskan faktor-faktor stres dan mendapat penyegaran baik dari jiwa dan raga dan ketiga pihak dekanat dan program studi serta para dosen mendapatkan feedback dari diselenggarakannya acara ini agar kami dapat saling menyesuaikan, memahami dan memperbaiki diri masing-masing. (Aziza)