” SUDAH BEBASKAH KITA DARI CACINGAN ? ”

dr Warda El Maida R., MKed.Trop – Dosen Fakultas Kedokteran (FK)

INFEKSI cacing A. lumbricoides (cacing gelang), T. trichiura (cacing cambuk) dan A. duodenale, N. americanus (cacing tambang) menjadi salah satu masalah kesehatan yang sedang dialami masyarkat Indonesia.

Beberapa faktor yang menunjang ketahanan hidup parasit cacing di suatu daerah. Antara lain iklim (umumnya pada daerah tropis), sosial, ekonomi, pendidikan, tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dan rendahnya tingkat sanitasi dan higienitas.

Faktor-faktor tersebut menjadi alasan utama kenapa prevalensi cacingan di Indonesia masih cukup tinggi.

Kejadian cacingan dapat memberikan berbagai dampak kepada penderitanya yang berujung pada penurunan kondisi kesehatan, kecerdasan, gizi, kualitas dan produktivitas manusia.

Umumnya infeksi cacing terhadap manusia terjadi ketika ada kontak langsung pada tanah yang telah terkontaminasi oleh telur cacing atau disebut juga dengan Soil Transmitted Helminths (STH).

Beberapa faktor lainnya yang meningkatkan resiko infeksi adalah kurangnya menjaga kebersihan diri, seperti tidak mencuci tangan sebelum makan dan tidak memakai alas kaki ketika berjalan di atas tanah.

Seseorang yang terinfeksi cacing umumnya akan mengalami beberapa gejala seperti diare, mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, dan mengalami penurunan berat badan.
Info Lebih Lengkap Buka Website https://duta.co/sudah-bebaskah-kita-dari-cacingan


FAKULTAS KEDOKTERAN UNUSA MENYIAPKAN GENERASI RAHMATAN LIL’ALAMIN

@unusa_official @bemfkunusa
IG : @fk_unusa
Fb : @Fakultas Kedokteran Unusa
Website : fk.unusa.ac.id