” MENJAGA KESEHATAN ORANG LAIN DIAWALI DARI KESEHATAN DIRI ”

dr Choirotussanijjah, MSi – Dosen Fakultas Kedokteran (FK)

DALAM dunia medis, penyakit menular didefinisikan sebagai penyakit yang dapat dipindahkan dari manusia ke manusia atau dari hewan ke manusia. Biasanya disebabkan oleh agen infeksi yaitu virus, bakteri, jamur serta parasit.

Salah satu contoh penyakit menular yang saat ini kita hadapi adalah ancaman COVID-19 yang jumlahnya kembali meningkat di bulan Juli 2022. Selanjutnya, terdapat hepatitis/ radang hati misterius yang diduga menyebabkan kematian pada 5 orang anak di Indonesia pada Mei 2022.

Selain penyakit di atas, beberapa penyakit menular lainnya yang masih menjadi tantangan di Indonesia adalah penyakit saluran pernafasan, pencernaan, penyakit kulit, mata dan telinga.

Jalur penularan dari penyakit tersebut pun sangat beragam, mulai dari hidung, mulut, kontak dengan kulit yang luka, serta cairan tubuh. Dari semua rute tersebut, faktor risiko penularan terbesar adalah melalui udara atau saluran nafas kemudian dilanjutkan oleh rute lainnya.

Faktor lain yang mempengaruhi penularan penyakit adalah adanya beberapa orang yang tinggal dalam 1 ruangan dalam jangka waktu lama seperti pada asrama, panti asuhan ataupun pondok pesantren.

Mengingat hal tersebut, hendaknya perlu digencarkan usaha promotif dan preventif untuk berbagai penyakit menular yang dapat dimulai dari diri sendiri.
Info Lebih Lengkap Buka Website https://duta.co/menjaga-kesehatan-orang-lain-diawali-dari-kesehatan-diri


FAKULTAS KEDOKTERAN UNUSA MENYIAPKAN GENERASI RAHMATAN LIL’ALAMIN

@unusa_official @bemfkunusa
IG : @fk_unusa
Fb : @Fakultas Kedokteran Unusa
Website : fk.unusa.ac.id