” ASAM URAT SI PENYEBAB NYERI SENDI ”

dr Choirotussanijjah,MSi – Dosen Fakultas Kedokteran (FK)

ASAM urat merupakan salah satu penyakit dari 10 penyakit terbanyak yang dikeluhkan oleh pasien yang datang ke praktik dokter.
Asam urat atau uric acid lebih dikenal dengan penyakit nyeri sendi, terutama terjadi pada jempol kaki. Berdasarkan penelitian dari Singh (2020), disebutkan bahwa asam urat dapat mengenai siapa saja dan meningkat seiring bertambahnya usia pasien.

Dari segi medis, asam urat sebenarnya merupakan senyawa yang dihasilkan dari proses pengolahan (metabolisme) bahan makanan/minuman yang disebut purin.

Istilah purin mungkin belum terlalu familiar di tengah-tengah masyarakat. Purin adalah salah satu komponen penting dari inti sel makhluk hidup.

Tubuh manusia yang terdiri dari sel-sel juga menghasilkan purin terutama sel hati. Fungsi purin sendiri adalah untuk pembuatan inti sel serta beberapa komponen yang dibutuhkan oleh sel tubuh.

Dengan adanya produksi dari tubuh, maka purin yang berasal dari makanan (hewani dan nabati) sebagian besar akan diolah oleh tubuh untuk dibuang. Hasil olahan tersebut yang dikenal sebagai asam urat.

Tempat pembuangan akhir asam urat adalah ginjal dan lewat jalur pembuluh darah. Oleh karena itu, untuk menentukan kadar asam urat, bisa dilakukan lewat darah ataupun air seni.
Info Lebih Lengkap Buka Website https://duta.co/asam-urat-si-penyebab-nyeri-sendi


FAKULTAS KEDOKTERAN UNUSA MENYIAPKAN GENERASI RAHMATAN LIL’ALAMIN

@unusa_official @bemfkunusa
IG : @fk_unusa
Fb : @Fakultas Kedokteran Unusa
Website : fk.unusa.ac.id