Visi

Menjadi fakultas kedokteran yang terkemuka, unggul di tingkat nasional dan internasional, profesional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran terutama kedokteran pencegahan, berjiwa wirausaha serta berkarakter Islami.

Nilai-nilai dalam visi tersebut memiliki definisi yang spesifik sebagaimana dijelaskan berikut ini:

  • Terkemuka berarti menjadi pelopor ilmu dan teknologi kedokteran (iptekdok) terutama kedokteran pencegahan, khususnya di lingkungan pesantren dengan memperkuat peran pos kesehatan pesantren (poskestren).
  • Unggul berarti menghasilkan lulusan yang memiliki keinginan belajar sepanjang hayat, berpikir analitis, kritis dan inovatif, terutama dalam iptekdok terutama kedokteran pencegahan, khususnya di lingkungan pesantren.
  • Profesional berarti melaksanakan tri dharma perguruan tinggi sesuai bidang iptekdok dengan pendekatan terkini dalam pemecahan masalah, komunikasi dan kerjasama tim.
  • Berjiwa wirausaha berarti berpikir dan bertindak secara kreatif, inovatif, mandiri, tangguh dan bertanggung jawab.
  • Berkarakter Islami berarti bersikap sesuai dengan prinsip rahmatan lil ‘alamin, yaitu memayungi seluruh umat manusia dengan menerapkan pandangan tawassuth (tengah), tawazun (seimbang), dan tasamuh (toleran), dalam pelayanan kedokteran.

Misi

  1. Mengembangkan fakultas kedokteran sebagai pusat pendidikan kedokteran yang terkemuka dan unggul dengan membangun sistem manajemen yang profesional.
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran (iptekdok), profesional dalam iptekdok terutama kedokteran  pencegahan, berjiwa wirausaha, serta berkarakter Islami.
  3. Mengembangkan penelitian iptekdok di bidang ilmu kedokteran dasar, kedokteran klinik, dan kedokteran komunitas di lingkungan pesantren dan masyarakat secara umum.
  4. Mengembangkan sistem kesehatan komunitas, terutama dengan memperkuat peran pos kesehatan pesantren (poskestren) sebagai pusat layanan primer bagi masyarakat.
  5. Menumbuhkembangkan budaya Ahlus Sunnah wal Jamaah An-Nahdliyah dalam kegiatan akademik dan kehidupan masyarakat.

Sumber: Pedoman Tata Kelola Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (2016)